Profil Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan

Kota Tangerang Selatan merupakan daerah otonom yang terbentuk pada akhir tahun 2008 berdasarkan Undang-undang Nomor 51 Tahun 2008, tentang Pembentukan Kota Tangerang Selatan di Propinsi Banten tertanggal 26 November 2008. Pembentukan daerah otonom baru tersebut, yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Tangerang, dilakukan dengan tujuan meningkatkan pelayanan dalam bidang kesehatan. 
Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan Memiliki 25 Puskesmas  terdiri dari 18 Puskesmas Perawatan dan 7 Puskesmas Non Perawatan dan 1 Rumah sakit umum daerah yang saat ini sedang dalam proses pembangunan adalah RSUD Kota Tangerang Selatan.

A.     VISI DAN MISI
a.      Visi
Visi Dinas Kesehatan Kota Tangerang selatan berpedoman pada visi kesehatan nasional dan provinsi. Visi pembangunan kesehatan Dinas Kesehatan Kota Tangerang selatan mencanangkan : Untuk mewujudkan visi pembangunan kesehatan tersebut, Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan telah menetapkan visinya yaitu :
”Rakyat Tangerang Selatan Mandiri dalam Hidup Sehat”
Untuk mewujudkan visi tersebut diatas, ditetapkan 3 (tiga) misi pembangunan kesehatan sebagai berikut :
1.   Meningkatkan pemerataan pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.
2.   Mendorong kemandirian masyarakat melalui peningkatan Pemberdayaan Kesehatan Individu, keluarga, masyarakat beserta lingkungannya
3.    Meningkatkan kemitraan dengan seluruh pelaku di bidang kesehatan
Melalui visi ini diharapkan pada tahun 2012 gambaran masyarakat di Kota Tangerang Selatan di masa depan ditandai dengan penduduknya yang hidup dalam lingkungan dan perilaku hidup sehat, memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata, serta memiliki derajat kesehatan yang setinggi-tingginya di seluruh wilayah Kota Tangerang Selatan, yang tentunya diperlukan dukungan dan kerjasama oleh sektor lain untuk mewujudkannya.
Untuk mewujudkan visi pembangunan kesehatan tersebut, Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan telah menetapkan visinya yaitu :
RAKYAT TANGERANG SELATAN MANDIRI DALAM HIDUP SEHAT
Untuk mewujudkan visi tersebut diatas, ditetapkan 3 (tiga) misi pembangunan kesehatan sebagai berikut :
4.   Meningkatkan pemerataan pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.
5.   Mendorong kemandirian masyarakat melalui peningkatan Pemberdayaan Kesehatan Individu, keluarga, masyarakat beserta lingkungannya
6.   Meningkatkan kemitraan dengan seluruh pelaku di bidang kesehatan
b.     Misi
Dalam Upaya mencapai Visi Pembangunan Kesehatan di Kota Tangerang Selatan, maka di tetapkan Misi Pembangunan di Bidang Kesehatan yang mengacu pada Visi Pembangunan Kesehatan di Provinsi Banten di antaranya :
a.      Meningkatkan kemampuan Pengetahuan masyarakat dan tenaga kesehatan
b.      Meningkatkan Akses dan Mutu Pelayanan Kesehatan
c.     Meningkatkan kemampuan perlindungan, deteksi dini dan penanggulangan penyakit menular dan tidak menular
            d.    Meningkatkan jejaring kemitraan Bidang Kesehatan. 

Berikut Struktur Organisasi Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan :